728x90 AdSpace

  • Latest News

    09 April 2013

    Tokek dan Adipati Rangkasbitung

    Karya WS Rendra

    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Lho!
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Walah, walah!
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Awas! Awas!
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Awas! Waspada! Siaga! Siaaap!
    Aku Adipati Lebak, Rangkasbitung.
    Muncul dari masa lalu.
    Dari zaman Multatuli, dan Saijah dan Adinda.
    Sudah sepuluh tahun kembali menjelma
    di lain kota.
    Aku duduk di atas harta dan kehormatan.
    Tak terjamah. Dijaga. Dilindungi….
    Ternyata aku adalah kebenaran.
    Dulu benar. Sekarang pun benar.
    Siapa menggugat aku, sengsara nasibnya.
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Kurang ajar!
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Bangsat, sia!
    Kenapa tiba-tiba ada tokek?
    Apakah ia ingin martabak yang lagi aku makan?
    Apakah ia ingin berenang di dalam sup?
    Apakah ia ingin tidur di lemari pakaianku?
    Hati-hati! Apakah ia tokek atau buaya?
    Awas! Jaga kursiku!

    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Kunci pintu!
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Kunci jendela juga!
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Awas! Awas!
    Anjing dan bodyguard sudah aku siapkan.
    Ada hal yang aneh di pagi secerah ini.
    Kenapa ada tokek?
    Bau harum apa ini? Aneh!
    Apakah tokek memakai parfum?....
    Aku bisa menerima burung-burung
    Aku bisa memahami kupu-kupu
    Aku terharu oleh bunga-bunga.
    Biarlah seribu bunga mekar bersama.
    Biarlah burung-burung bernyanyi beraneka.
    Tapi apa ini: tokek!
    Ada tokek. Rangkasbitung. Ada tokek. Rangkasbitung.
    Gila!
    Ada tokek. Rangkasbitung. Ada tokek. Rangkasbitung.
    Syaitan!
    Ada tokek. Rangkasbitung. Ada tokek. Rangkasbitung.
    Hati-hati! Siaaaap!
    Bunyikan sirine!
    Nyalakan lampu merah tanda bahaya!
    Kunci semua laci!
    Singkirkan uang ke luar negeri!
    Siapkan dengan segera tata buku dua versi!
    Awas! Ada tokek!
    Kenapa ada tokek Rangkasbitung
    hinggap di rusuk rumahku?
    Siapkan gas airmata!
    Siapkan buldoser dan panser!
    Tokek bisa muncul dari sudut-sudut gelap
    Tokek bisa menyambar dari mega.

    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Shut-up! – masakan ada tokek di lapangan golf.
    Ada tokek. Rangkasbitung. Ada tokek. Rangkasbitung.
    Syaitan! Aku fitnah, modar, sia!
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Naif! Naif! Naif!
    Kenapa selalu ada mahluk goblok yang mengganggu tidur siangku.
    Naif! Naif! Naif!
    Sampai kemana sih, dayamu?
    Dengan satu maklumat kamu bisa terlarang.
    Dengan satu cap kamu bisa terbuang.
    Kenapa kamu tempuh juga usahamu yang sia-sia
    Naif! Naif! Naif!
    Tokek sialan! Penciumanmu sudah tumpul!
    Tidak tahu bau wangi uang kertas
    yang baru keluar dari bank!

    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Walah-walah. Lemes aku jadinya.
    Segala milikku ini,
    yang dengan mudah aku dapatkan,
    ternyata sulit aku hitung,
    ternyata sulit aku jaga.
    Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek. Ada tokek Ada tokek
    Astaga! Bungkam mulutnya!
    Ada tokek. Rangkasbitung. Ada tokek. Rangkasbitung.
    Sialan! Gusur! Gusur! Gusur!
    Ada tokek dalam hati. Ada tokek dalam hati
    Modar, sia! Tembak! Modar, sia!
    Bojong Gede, 19 Nopember 1990
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tokek dan Adipati Rangkasbitung Rating: 5 Reviewed By: mh ubaidilah
    Scroll to Top